Diklat Pengelolaan Pengembangan Kompetensi Pegawai Bagi SDM Aparatur Di Pemerintah Kabupaten Kutai Timur

Diklat Pengelolaan Pengembangan Kompetensi Pegawai Bagi SDM Aparatur Di Pemerintah Kabupaten Kutai Timur

Saat ini bangsa kita membutuhkan sosok Pegawai yang memiliki kompetensi yang handal dan professional. Bekerja secara efektif dan efisien dan menghasilkan perencanaan yang strategis dalam menjalankan setiap pekerjaan yang dilakukan. Untuk mengembangkan kapasitas para pegawai dalam menjalankan fungsi mereka setiap hari, pegawai selalu di tuntut untuk bekerja keras, bekerja ikhlas dan bekerja cerdas.

Untuk meningkatkan kompetensi khususnya dalam bidang di instansi pemerintah Kabupaten Kutai Timur dan juga dalam rangka pengelolaan pengembangan kompetensi pegawai. Badan Diklat dan Litbang Pemerintah Kabupaten Kutai Timur bekerjasama dengan Pusat Kajian dan Pelatihan dan Pendidikan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara menyelenggarakan Diklat Pengelolaan Pengembangan Kompetensi Pegawai Bagi Sumberdaya Manusia Aparatur di Pemerintah Kabupaten Kutai Timur.

Diklat yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu mulai tanggal 28 – 29 Sepetember 2011 ini di buka secara resmi oleh Kepala PKP2A III Lembaga Administrasi Negara Samarinda, Ibu Dr. Meiliana, SE., MM. Ibu Kepala PKP2A III LAN yang langsung berpesan dalam sambutannya untuk dapat mengambil ilmu-ilmunya, serta dapat meningkatkan kompetensi yang prima di instansinya masing-masing dan dapat dengan maksimal memanfaatkan hasil pelatihan yang diperoleh, karena setiap aparatur dan instansinya secara langsung maupun tidak langsung selalu bersentuhan dengan masyarakat.

Diklat ini dirancang secara khusus untuk menanggapi kebutuhan kondisi daerah yang semakin hari semakin kompleks dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Diklat yang nantinya menggunakan metodelogi Kebutuhan Pengembangan Kapasitas (Capacity Building Need Assessment) dan Rencana Aksi (Action Plan) secara praktis, yang telah dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan pemerintah daerah seperti penyediaan pelayanan publik, perencanaan pembangunan dan penganggaran daerah serta partisipasi dan akuntabilitas dalam urusan pemerintah.

Fasilitator yang mengembangkan kompetensi Diklat Pengelolaan Pengembangan Kompetensi Pegawai Bagi Sumberdaya Manusia Aparatur di Pemerintah Kabupaten Kutai Timur diisi oleh Ibu Dr. Meiliana, SE., MM, Dr. Andi Taufik, M.Si dan Ir. H. Akhmad Sirodz, MP dari PKP2A III LAN Samarinda, sedangkan Ir. Mohammad Adriyanto, MSM merupakan fasilitator perwakilan DeCGG – GIZ.
Metodologi yang digunakan untuk Kebutuhan Pengembangan Kapasitas yang secara praktis yang di tampilkan oleh fasilitator adalah hasil dari analisis yang dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan pemerintah daerah seperti halnya pelayanan publik, perencanaan pembangunan dan penggaran daerah serta partisipasi dan akuntabilitas dalam urusan pemerintah, dan secara langsung dapat mengintegrasikan aksi pengembangan kapasitas ke dalam perencanaan dan penganggaran di instansi peserta untuk meningkatkan kompetensi SDM aparatur di Kutai Timur.

Penyelenggaraan Diklat ini, peserta mampu menjadi motivator dan dinamisator program pengembangan kompetensi pegawai di unitnya masing-masing. Lembaga Administrasi Negara, khususnya PKP2A III LAN Samarinda, senantiasa siap untuk melakukan fasilitasi, optimalisasi, serta akselerasi dalam pengembangan kompetensi pegawai dengan program-program kediklatan lainnya di daerah, agar kedepannya aparatur di daerah-daerah khususnya daerah Kalimantan dapat terus bersaing dan menjadi Sumberdaya Manusia yang berkualitas handal di segala aspek, untuk melayani masyarakat.* (Harry)

Share this post