MELAYANI, BUKAN UNTUK DILAYANI: Membangun Karakter Melayani Melalui Diklat Pelayanan Publik bagi Frontliners Instansi Vertikal Se-Kalimantan Timur

MELAYANI, BUKAN UNTUK DILAYANI: Membangun Karakter Melayani Melalui Diklat Pelayanan Publik bagi Frontliners Instansi Vertikal Se-Kalimantan Timur

Di dunia birokrasi sangat realistis apabila masyarakat yang merupakan konsumen adalah penikmat pelayanan dari Aparatur birokrasi, karena sumber penghasilan dari seluruh Aparatur di negeri tercinta ini dari Sabang sampai Marauke, baik Aparatur Daerah maupun Pusat adalah dari rakyat melalui pajak yang mereka bayarkan kepada negara. Hal ini pula yang menjadikan sebuah kewajiban tanggung jawab bagi aparatur untuk misi melayani secara prima.

Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara memetakan secara jelas, unsur-unsur pelayanan melalui Diklat Pelayanan Publik bagi Frontliner Instansi Vertikal se-Kalimantan Timur yang diadakan pada tanggal 4 sampai dengan 6 Desember 2012 di Kampus Makarti Bhakti Nagari PKP2A III LAN Samarinda.

Kepala Bagian Tata Usaha PKP2A III LAN, Safrodin, S.Sos. M.Si., mengalungkan tanda peserta kepada salah seorang peserta diklat didampingi oleh Kepala Bidang Diklat PKP2A III LAN, Dr. Andi Taufik, M.Si.

Dalam kegiatan ini individu yang dididik dan dilatih serta menjadi target oleh PKP2A III LAN untuk menambah wawasan dan informasi adalah aparatur yang dalam pekerjaannya bersinggungan langsung dengan masyarakat pengguna pelayanan. Instansi yang mengikuti Diklat Pelayanan Publik bagi Frontliner Instansi Vertikal se-Kalimantan Timur seperti Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kaltim bersama Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda dan Kejaksaan Negeri Samarinda, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kaltim bersama Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, Direktorat Jenderal Pajak melalui KPP Pratama Bontang dan Samarinda, BKKBN Provinsi Kaltim, Badan Pusat Statistik Provinsi Kaltim dan Dinas Pendidikan yang diwakili oleh Universitas Mulawarman.

Diklat Pelayanan Publik bagi Frontliner Instansi Vertikal se-Kalimantan Timur ini merupakan angkatan kedua, yang mana satu angkatan sebelumnya telah dilaksanakan di Pontianak, Kalimantan Barat. Kegiatan ini merupakan dasar utama dalam penerapan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dimana PKP2A III LAN sudah menganggarkan kegiatan tersebut dalam APBN tahun 2012, sehingga seluruh kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan pelatihan ditanggung oleh PKP2A III LAN.

Suasana kelas saat diklat berlangsung di Kampus Makarti Bhakti Nagari PKP2A III LAN

Narasumber yang diterjunkan dalam Diklat Pelayanan Publik bagi Frontliner Instansi Vertikal se-Kalimantan Timur adalah pakar-pakar dalam pelayanan publik seperti Dr. Andi Taufik., M.Si dan ahli komunikasi Ibu Nora Suzuki Modokompit, P.hd serta narasumber lainnya yang merupakan fasilitator pelayanan publik dan etika perkantoran modern untuk melengkapi pentingnya sebuah pelayanan.

Sebuah pelayanan yang prima akan terjadi apabila sebuah komitmen serta rasa tanggung jawab sudah terjalin harmonis antara keikhlasan dalam bekerja dan niat baik untuk menjalankan amanah pekerjaan. Semoga jalinan saling menghargai antara satu individu dengan individu yang lain melalui pelayanan akan terus terlaksana demi mewujudkan birokrasi prima di tanah air tercinta Indonesia. (harry)

Share this post