Raker PKP2A III LAN 2013: Meneguhkan Komitmen Reformasi Birokrasi Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja PKP2A III LAN

Raker PKP2A III LAN 2013: Meneguhkan Komitmen Reformasi Birokrasi Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja PKP2A III LAN

Rapat kerja merupakan salah satu alat komunikasi yang dapat digunakan oleh insan  organisasi  untuk memecahkan suatu masalah. Dengan adanya rapat kerja, akan terjadi  pertemuan diantara insan organisasi guna  membahas hal-hal yang harus dibicarakan, dimana perihal tersebut terkait/berhubungan dengan kepentingan organisasi. Mengingat begitu pentingnya rapat kerja tersebut untuk diselenggarakan, maka jika rapat tersebut tidak dilaksanakan dapat dikhawatirkan dapat mengganggu sedikit/banyaknya ritme organisasi dalam menyelenggarakan tugas dan fungsinya.Bertempat di Bukit Damai Indah (BDI) Balikpapan, pada tanggal 4 – 6 Februari kembali PKP2A III LAN menyelenggarakan Kegiatan Rapat Kerja Tahun 2013. Rapat kerja ini merupakan  hal yang  penting dan diupayakan dapat  dilakukan secara rutin demi keberhasilan  pelaksanaan  tugas dan fungsi  PKP2A III LAN. Beberapa tujuan yang ingin dicapai  dari pelaksanaan Raker ini antara lain terkait: pemecahan masalah internal organisasi, penyampaian informasi pelaksanaan kegiatan Tahun 2013, evaluasi pelaksanaan kegiatan tahun 2012, serta langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan untuk melaksanakan pelaksanaan kegiatan Tahun 2013.

Pejabat Struktural di Lingkungan PKP2A III LAN, Sebagai Peserta Sekaligus Narasumber Dalam Raker

Terkait dengan persoalan internal organisasi, beberapa hal yang di bahas dalam raker antara lain terkait hubungan  antar individu dan hubungan kerja antar Unit yang ada dilingkungan PKP2A III LAN. Berkumpul bersama dalam  menjalankan tugas organisasi dalam keseharian tidak dapat kita hindari yang namanya gesekan. Perbedaan persepsi, komunikasi yang tidak tersampaikan dengan baik karena tingginya kesibukan masing-masing merupakan hal yang biasa terjadi di organisasi manapun. Jika persoalan yang sepertinya kecil tersebut tidak diakomodasi guna mendapatkan upaya pemecahannya, maka  akan dapat menjadi persoalan kronis yang dapat mengganggu ‘stabilitas pelaksanaan tugas’. Besar atau kecil sebuah persoalan, dia tetap bernama persoalan, sehingga harus dikomunikasikan guna mendapatkan solusi.Adapun terkait hubungan kerja antar Unit, beberapa persoalan yang diangkat dalam raker tersebut adalah terkait keinginan dari masing-masing Unit Lini (Bidang Kajian Aparatur dan Bidang Diklat Aparatur) terhadap Bagian Tata Usaha untuk lebih meningkatkan performa dalam memberikan pelayanan sebagai supporting Unit, hal ini tidak terlepas dari besarnya tuntutan LAN terhadap kedua Unit Lini tersebut seiring dengan upaya restrukturisasi kelembagaan organisasi yang akan di lakukan di lingkungan Lembaga Administrasi Negara sebagai bagian dari semangat pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Beberapa kewenangan yang akan diberikan kepada kedua Unit lini tersebut berimplikasi terhadap munculnya  tanggung jawab baru yang harus dilaksanakan. Dengan adanya tanggung jawab yang semakin besar, maka sudah sewajarnya jika perlu dukungan yang semakin besar dalam menjalankan tugas, dalam hal ini dukungan yang besarasal  dari Bagian Tata Usaha sebagai Supporting Unit.

Suasana Diskusi Dalam Raker, Membahas Berbagai Permasalahan Organisasi Dalam Rangka Mencari Solusi

Hal lain yang menjadi hot topic dari pelaksanaan raker ini adalah terkait masalah absensi. Sebagai bagian dari elemen Reformasi Birokrasi, maka masalah kedisiplinan yang terepresentasi dari daftar kehadiran perlu untuk mendapatkan perhatian dari semua pegawai di lingkungan PKP2A III LAN. Dengan pemberlakukan ketentuan tunjangan berbasis kinerja, maka tingkat kehadiran merupakan salah satu indikator yang sangat diperhitungkan. Ketidakhadiran dan keterlambatan sudah menjadi jelas penghitungannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Peraturan Kepala LAN. Tidak ada lagi alasan subyektif terkait alasan tidak masuk atau keterlambatan yang mungkin selama ini banyak menjadi masalah klasik kepegawaian di organisasi manapun.Pemilihan Pengurus Koperasi, Pengurus Kelompok Budaya Kerja dan Pemilihan Pegawai Teladan 2012 juga menjadi bagian agenda kegiatan pelaksanaan rapat kerja Tahun 2013. Sujoko, SE terpilih sebagai Ketua Koperasi Wadah Etam PKP2A III LAN, Veronica Hanna Naibaho, S.S. M.Sc. sebagai Ketua Kelompok Budaya Kerja (KBK), dan Rokip Purnomo, SE. sebagai pegawai teladan PKP2A III LAN tahun 2012.

Acara Raker Ditutup Dengan Kegiatan Outbound Agar Kekompakan Pegawai PKP2A III LAN Tetap Terjaga

Secara keseluruhan acara diakhiri dengan Out Bound, beberapa permainan dilakukan  bersama untuk melemaskan syaraf sekaligus sebagai media bersama untuk membina kebersamaan, kecepatan berpikir, dan kekuatan motorik. Kelucuan dan kekompakan terlihat dari beberapa permainan yang dimainkan. Semoga yang telah dilakukan semuanya selama pelaksanaan dapat memberikan inspirasi dan kekuatan dalam menjalankan tugas di tahun 2013. (Yuni)

Share this post