Jambore Inovasi Kalimatan, One Stop Knowladge Sharing

Jambore Inovasi Kalimatan, One Stop Knowladge Sharing

Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara (PKP2A III LAN) akan menggelar perhelatan akbar Jambore Inovasi Kalimantan (JIK) yang akan diselenggarakan di Wilayah Perkantoran Pemerintah ProvinsiĀ  Kalimantan utara, Tanjung Selor, pada 25-26 Oktober 2016 mendatang. JIK merupakan wadah berkumpulnya para inovator-inovator di Kalimantan.

JIK lahir karena dilatarbelakangi oleh Dikat Kepemimpinan yang memasuki dimensi baru, dimana setiap Peserta Diklat ditantang untuk mampu merencanakan dan mengimplementasikan inovasi yang diterapkan di intansi masing-masing. Hal tersebut berdampak pada masifnya arus inovasi diberbagai daerah, khususnya di daerah Kalimantan. Inovasi-Inovasi yang telah dihasilkan oleh Alumni Peserta Diklat tersebut akan dipromosikan dan dipresentasikan dalam bentuk Pameran yang menjadi salah satu rangkaian perhelatan JIK. Setidaknya ada 70 stan yang akan menampilkan inovasi terbaik dari intansi pemerintah se-Kalimatan. Tentu inovasi yang dipamerkan tersebut bisa menjadi triger untuk menciptakan ide inovasi baru di intansi pemerintah lainnya.


JIK menjadi one stop knowladge sharing bagi para Aparatur Sipil Negara, karena tidak hanya menyuguhkan pameran inovasi para alumni Diklat yang telah diterapkan diinstansi masing-masing, JIK juga mengadakan panggung talkshow yang diisi oleh para praktisi inovasi di tanah air, yaitu Deputi Inovasi Aministrasi Negara LAN RI, Akademisi dan Praktisi Inovasi Pelayanan Publik, serta kelima Gubernur se-Kalimantan. Salah satu talkshow tersebut akan membahas tentang perkembangan inovasi pelaksanaan pubik, baik segi hasil yang dicapai, faktor pendukung dan penghambat inovasi, maupun leason learned yang didapat dalam proses inovasi.

JIK juga mengadakan ajang prestisius Penganugerahan Borneo Innovation Awards yang merupakan apresiasi terhadap pelaksaan, keberhasilan, dan keberlangsungan inovasi terbaik yang telah dilakukan oleh Alumni Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat III dan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV se-Kalimantan, yang mengikuti Kompetisi Inovasi Pasca Diklat (Sinopadik) beberapa waktu lalu.

Jika tak ada aral melintang, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, akan hadir dalam seremoni pembukaan Jambore Inovasi Kalimantan. Kegiatan tersebut juga didukung oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Share this post