PKP2A III LAN Bekerjasama dengan BKDD Kabupaten Nunukan Menyelenggarakan Diklat Kepemimpinan Tingkat III di Nunukan

PKP2A III LAN Bekerjasama dengan BKDD Kabupaten Nunukan Menyelenggarakan Diklat Kepemimpinan Tingkat III di Nunukan

Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara (PKP2A III LAN) bekerja sama dengan Badan Kepegawaian dan Diklat Daerat (BKDD) Kabupaten Nunukan, menyelenggarakan Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan III Tahun 2015 yang di dasarkan pada Surat Perjanjian Kerjasama antara BKDD Kabupaten Nunukan dengan PKP2A III LAN Nomor : 014/SPK/BKDD-V/IV/2015 dan Nomor : 733/P.III.I/HKM.11.1 Tanggal 13 April 2015 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan. Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan III ini dilaksanakan mulai dari tanggal 22 April sampai dengan tanggal 20 Agustus 2015 dengan waktu pelaksanaan selama 91 hari dan bertempat di Nunukan.

Diklat Kepemimpinan Tingkat III ini dibuka oleh Bupati Nunukan, Drs. Basri, pada hari Rabu, tanggal 22 April 2015 di ruang kelas BKDD Kabupaten Nunukan. Selain membuka kegiatan diklat, dalam acara tersebut Bupati Nunukan juga memberikan beberapa arahan kepada seluruh peserta diklat. Dalam arahannya Bupati Nunukan menekankan pada pentingnya kualitas yang harus dimiliki oleh pemimipin dalam melakukan perubahan. Selain itu seorang pemimpin dituntut untuk menunjukan kinerja dalam merancang suatu perubahan di unit kerjanya dan memimpin perubahan tersebut sehingga membuahkan hasil yang signifikan.

Pada acara yang juga dihadiri oleh Kepala Biro Kepegawaian dan Diklat Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Utara, Kepala Bidang Diklat Aparatur PKP2A III LAN, Kepala SKPD dan Lurah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan, serta Para Widyaiswara/Fasilitator/Coach, Kepala BKDD Kabupaten Nunukan, Drs. Syafarudin, selaku Ketua Panitia menyampaikan beberapa hal terkait penyelenggaraan diklat ini. Disampaikan oleh Kepala BKDD bahwa Diklat Kepemimpinan Tingkat III ini diikuti oleh 40 (empat puluh) orang peserta yang telah menduduki jabatan struktural eselon III A dan III B di beberapa SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan.

Pada kesempatan ini pula, Kepala BKDD Kabupaten Nunukan menyampaikan bahwa sesuai dengan pedoman yang baru, kegiatan diklat dilaksanakan dengan mengkombinasikan kegiatan on campus (di dalam kampus) dan off campus (di luar kampus) dan terdiri dari 5 (lima) tahapan. Tahap pertama (on campus) adalah Diagnosa Kebutuhan Perubahan Organisasi yang dilaksanakan dari tanggal 21 April s/d 2 Mei 2015. Tahap Kedua (off campus) adalah Breakthrough I (Taking Ownership) yang dilaksanakan dari tanggal 4 – 9 Mei 2015. Tahap ketiga (on campus) adalah Merancang Perubahan dan Membangun Tim yang dilaksanakan dari tanggal 11 – 30 Mei 2015. Tahap keempat (off campus) adalah Breakthrough II (Leadership Laboratory) yang dilaksanakan dari tanggal 1 Juni s/d 15 Agustus 2015. Sedangkan tahap kelima (on campus) adalah Evaluasi Progress Implementasi Proyek Perubahan yang dilaksanakan dari tanggal 17 – 20 Agustus 2015.

Diklat Kepemimpinan Tingkat III bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kepemimpinan taktikal pada pejabat struktural eselon III yang akan berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing. Diharapkan pada akhir diklat nanti, seluruh peserta telah memiliki kompetensi taktikal yaitu kemampuan menjabarkan visi dan misi instansi ke dalam program instansi dan memimpin keberhasilan pelaksanaan program tersebut. (roy)

Share this post