Walikota Balikpapan : Pengembangan ASN Membutuhkan Komitmen Kepala Daerah

Walikota Balikpapan : Pengembangan ASN Membutuhkan Komitmen Kepala Daerah

Balikpapan (8/9/2017) – Pengembangan kompetensi ASN menjadi kunci keberhasilan pembangunan di suatu daerah. Dukungan dan komitmen kepala daerah sangat diperlukan. Tanpa dukungan dan komitmen itu maka upaya peningkatan kompetensi dan kinerja Aparatur Sipil Negara tidak akan berjalan dan berdampak buruk terhadap pembangunan di daerah. Demikian kesimpulan silaturrahim kepala PKP2A III LAN Samarinda, Dr. Mariman Darto dengan Walikota Balikpapan HM. Rizal Effendi di Balikpapan pada Jumat (8/9/2017) lalu.
Pertemuan yang berlangsung santai dan penuh keakraban tersebut dilakukan di VIP Room, Balaikota Balikpapan. Pertemuan ini dilakukan dalam rangka permohonan dukungan Pemerintah kota Balikpapan terkait rencana Lembaga Administrasi Negara RI (LAN RI) yang akan membangun Assessment Center dan Pusdiklat Kepemimpinan Strategis di kota Balikpapan.
Hadir dalam pertemuan itu antara lain Wali Kota Balikpapan, H.M. Rizal Effendi; Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Ir. H. Chaidar; Kepala BKPSDM Kota Balikpapan, Robi Ruswanto; Kepala Bagian Perkotaan Setda Kota Balikpapan, Tommy Alfianto; dan Kepala Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah pada BPKD Kota Balikpapan, M. Farid Rizal. Sementara itu dari pihak LAN RI diwakili oleh Kepala PKP2A III LAN Samarinda, Dr. Mariman Darto; dan Kepala Bagian Administrasi, Husain beserta staf.
Sebagaimana diketahui sebelumnya, bahwa untuk membangun Gedung Assessment Center dan Pusdiklat Kepemimpinan Strategis, LAN membutuhkan lahan yang cukup luas di Balikpapan.  Pada saat kondisi keuangan negara yang serba terbatas, maka Pemerintah dalam hal ini LAN tidak akan mampu mengadakan lahan sendiri. Karena itulah diawal Februari 2017 Kepala LAN RI mengajukan permohonan hibah lahan sekitar 3 ha kepada Walikota Balikpapan.
“Saya menyetujui proposal LAN RI tersebut dan memerintahkan Asisten Administrasi Umum untuk menindaklanjuti”, demikian pernyataan Walikota Balikpapan di VIP Room, Balaikota Balikpapan pada jumat bagi minggu lalu.
Kepala PKP2A III LAN, Dr. Mariman Darto menganggap persetujuan Walikota Balikpapan tersebut sebuah bentuk dukungan dan komitmen konkrit Pemerintah Kota Balikpapan terhadap pengembangan kompetensi dan kinerja Aparatur Sipil Negara. “Sejak awal saya yakin bahwa pak Rizal Effendi akan menyetujui proposal kami. Kami melihat komitmen beliau terhadap pengembangan ASN di daerahnya sangat nyata. Sekalian flash back, beliau pernah mendapatkan penghargaan dari Menteri PAN dan RB sebagai kepala daerah yang berkomitmen terhadap pengembangan ASN di ajang Jambore Inovasi Kalimantan awal Agustus lalu. Ini bukti nyata”, tegas Mariman Darto.
Pembangunan Gedung Assessment Center dan Pusdiklat Kepemimpinan Strategis ini merupakan upaya LAN untuk mendekatkan pelayanan ke stakeholders di seluruh Kalimantan. Selama ini banyak daerah yang melakukan penilaian kompetensi ASN di Jawa. Tentu ini tidak efisien. “Saya berharap lahirnya Gedung Assessment Center akan membantu pemerintah daerah di Kalimantan mendapatkan kemudahan melakukan penilaian terhadap kompetensi ASN-nya. Harapannya, pemerintah daerah di Kalimantan makin memiliki banyak pilihan untuk melaksanakan assessment center”, tegas Mariman Darto dalam silaturrahim tersebut.
Dalam waktu dekat, Pemerintah kota Balikpapan akan memproses Hibah lahan seluas 3 ha yang lokasinya disamping GOR Lapangan Tenis Kota Balikpapan. “Secara umum Pemerintah kota telah telah melakukan pengukuran ulang untuk mengetahui persis luasan lahan dilokasi dekat GOR Lapangan Tenis. Agar LAN bisa mendapatkan kepastian persetujuan dari Pak Walikota, maka dalam waktu dekat kita akan menyampaikan Surat Pernyataan Pemberian Hibah Tanah kepada LAN RI dalam waktu dekat”, tegas Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Ir. H. Chaidar dalam pertemuan tersebut.

      

Share this post