Dari Quick Survey WBK/WBBM : Pelayanan PKP2A III LAN Bebas dari Korupsi

Dari Quick Survey WBK/WBBM : Pelayanan PKP2A III LAN Bebas dari Korupsi

SAMARINDA (17/10/2017). Mayoritas responden menilai bahwa pelayanan yang dilakukan oleh Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A) III LAN Samarinda bebas dari korupsi, demikian kesimpulan Quick Survey pelaksanaan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), yang dilakukan oleh PKP2A III LAN Samarinda yang dilakukan sejak 5-11 Oktober 2017.

Survei terhadap seluruh pengguna layanan PKP2A III LAN yang terdiri dari seluruh alumni Diklat (kepemimpinan, prajabatan, fungsional dan teknis), pengguna layanan perkonsultasian/advo-kasi/fasilitasi serta kerjasama kajian kebijakan dan inovasi pelayanan publik, dilakukan secara online dengan desain instrumen menggunakan google forms.
Instrumen didesain dengan berpedoman pada Permen PAN dan RB No. 52 Tahun 2015 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah.

“Quick Survey terkait pelaksanaan WBK/WBBM di area kerja PKP2A III LAN Samarinda ini penting dilakukan. Selain untuk mengukur sejauhmana tingkat kepuasan pengguna layanan juga untuk mengukur sejauhmana integritas pelayanan yang dilakukannya”’ tegas Mariman Darto menjelaskan Hasil Survei ini di PKP2A III LAN Samarinda (17/10/2017).

Mariman menambahkan, dipublikasikannya hasil survei ini sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada publik dan sekaligus menjadi bagian dari transparansi dan keterbukaan publik.

Sampai dengan tanggal 11 Oktober 2017 pukul 00.00 tercatat ada 148 responden yang mengikuti Quick Survei WBK/WBBM ini dengan komposisi sebagian besar berjenis kelamin laki-laki dan sebagian besar responden berpendidikan sarjana. Adapun instansi responden sebagian besar berasal dari Pemerintah Daerah dan layanan PKP2A III LAN yang digunakan responden sebagian besar Pelatihan Kepemimpinan.

Berikut ini hasil Quick Survey Pelaksanaan WBK/WBBM di PKP2A III LAN

Hasil survei menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik di PKP2A III LAN sudah baik, hal ini didasarkan pada jawaban responden yang sebagian besar menyatakan setuju dan sangat setuju kualitas pelayanan publik di PKP2A III LAN sudah baik. Aspek pelayanan publik di PKP2A III LAN yang dinilai responden paling baik adalah kejelasan informasi tentang biaya pelayanan berbayar atau gratis, dimana 80 responden menyatakan sangat setuju dengan pernyataan tersebut. Adapun aspek pelayanan publik yang terbaik berikutnya adalah informasi tentang prosedur/alur pelayanan dapat dipahami dengan jelas serta pelayanan diberikan sesuai dengan waktu operasional yang ditetapkan.


Meskipun secara umum pelayanan publik dinyatakan baik oleh responden, namun ada beberapa aspek pelayanan yang perlu menjadi perhatian PKP2A III LAN untuk diperbaiki karena dinyatakan kurang baik oleh responden. Ada tiga aspek pelayanan publik di PKP2A III LAN yang dianggap responden kurang baik, yaitu kepastian tindak lanjut atas penanganan pengaduan, kemudahan akses dan berfungsinya seluruh produk/jasa layanan, serta kejelasan informasi waktu penyelesaian pelayanan. Ada 3 responden yang menyatakan kurang setuju dan sangat tidak setuju dengan pernyataan-pernyataan tersebut.

Selain itu ada pula beberapa aspek pelayanan publik di PKP2A III LAN yang dinilai responden tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dengan membandingkan penilaian dan harapan terkait aspek pelayanan publik, diperoleh 4 aspek pelayanan publik di PKP2A III LAN dimana responden berharap sangat tinggi pada perbaikannya. Harapan tertinggi responden adalah perbaikan pada kepastian tindak lanjut atas penanganan pengaduan, dimana ada perbedaan senilai 20 antara kualitas pelayanan saat ini dengan kualitas pelayanan yang diharapkan. Harapan tertinggi berikutnya adalah perbaikan fasilitas pengaduan (tempat pengaduan/ hotline/call center) agar jelas dan mudah diakses, perbaikan petugas/aplikasi sistem pelayanan yang memberikan solusi kepada pengguna apabila ada permasalahan, serta perbaikan petugas pelayanan agar memiliki pengetahuan, keahlian, dan keterampilan yang memadai atau aplikasi sistem dapat memenuhi keperluan pengguna.

 

Terkait pelayanan yang bebas korupsi, hasil survei menunjukkan bahwa mayoritas responden menyatakan pelayanan PKP2A III LAN bebas dari korupsi. Aspek pelayanan yang bebas korupsi di PKP2A III LAN yang dinilai responden paling baik adalah tidak adanya pungutan liar, dimana 113 responden menyatakan sangat setuju dengan pernyataan tersebut. Adapun aspek pelayanan yang bebas korupsi yang terbaik berikutnya menurut responden adalah petugas pelayanan tidak meminta/menuntut imbalan uang/barang terkait pelayanan yang diberikan serta tidak terdapat praktik percaloan/perantara yang tidak resmi.

Meskipun mayoritas responden menyatakan pelayanan yang diberikan PKP2A III LAN bebas dari korupsi, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hasil survei ini. Meskipun dalam jumlah yang kecil, beberapa jawaban responden mengindikasikan masih adanya praktik korupsi di PKP2A III LAN. Ada 4 responden yang tidak setuju dan sangat tidak setuju terkait pernyataan petugas pelayanan PKP2A III LAN tidak memberikan pelayanan di luar prosedur yang telah ditetapkan dengan imbalan uang/barang. Selain itu ada pula masing-masing 2 responden yang tidak setuju dan sangat tidak setuju terkait pernyataan prosedur pelayanan yang ditetapkan sudah memadai dan tidak berpotensi menimbulkan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) dan pernyataan tidak terdapat pungutan liar.

Kualitas pelayanan publik di PKP2A III LAN secara umum sudah cukup baik dan bebas dari praktik korupsi. Namun demikian ada beberapa hal yang perlu diperbaiki agar pelayanan di PKP2A III LAN menjadi lebih baik lagi. Hasil survei ini menjadi bahan yang sangat berharga bagi PKP2A III LAN dalam rangka membenahi organisasi karena dari sini terlihat kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang terlibat dalam survei ini, khususnya kepada responden, yang telah meluangkan waktunya sehingga survei dapat terlaksana dengan baik. (zen)

Share this post