Pencanangan Gerakan Revolusi Mental dan Laboratorium Inovasi Pemkab. Berau

Pencanangan Gerakan Revolusi Mental dan Laboratorium Inovasi Pemkab. Berau

Berau, 4 Desember 2017 Pencanangan Gerakan Revolusi Mental dan Laboratorium Inovasi

Acara dmulai pukul 11.00 Wita dengan persembahan Tarian Adat khas daerah Berau. Dalam sambutan Kepala LAN RI, Adi Suryanto menjelaskan bahwa Gerakan Revolusi Mental ini merupakan instruksi Presiden RI Joko Widodo. Pertanyaan penting pun disampaikan dalam kegiatan yang di hadiri sekitar 800 ASN terdiri dari jabatan Pimpinan Tinggi dan Pejabat Administrator di
Lingkungan Pemkab. Berau. Pertanyaanya adalah apa yang menyebabkan sebuah bangsa yang berjaya ? dikarenakan 1) kejayaan dimasa lampau dan 2) sumber daya (resources) yang memadai. Karakter resources yang merupakan kunci kekuatan bangsa melalui Gerakan Revolusi Mental ini merubah mental resources menjadi birokrasi yang layak dan tangguh, dan memunculkan gagasan-gagasan perubahan. ASN aparatur sipil negara diminta meninggalkan cara-cara lama, dengan berinovasi kita menciptakan daya kompetisi. Saya yakin Berau mampu menjadi daerah inovatif dan memperbaiki pelayanan publik menjadi lebih baik.

Segendang sepenarian dalam sambutan Bupati Berau Bapak Muharram, S.Pd., MM. yang menjelaskan bahwa Gerakan Revolusi Mental sebagai perintah Presiden Jokowi agar mental kita berubah secara revolusioner dan memiliki karakter dan mentalitas yang handal. Semua ASN Berau harus punya persepsi yang sama. Apalah artinya SDM bagus tapi integritas yang lemah. Integritas yang kuat, sebagaimana dalam wasiat syair lagu Indonesia Raya, “Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya”. Pembiasaan karakter yang baik harus ditanamkan sejak dini. Dan ini bukan hanya dibebankan pada tugas pendidik tapi mutu pendidikan ini adalah ranah kebijakan nasional yaitu bagaimana merancang kurikulum yang baik bukan sekedar deretan mata pelajaran yang membebani anak didik dari tingkat dasar sampai tingkat tinggi akan tetapi berbicara sistem pendidikan yang baik (seperti di negara Jepang yang terkenal dengan kejujuran publiknya dan atau sistem pendidikan di negara Finlandia yang hanya mengenal ujian negara sebanyak satu kali di umur 16 tahun anak didik) dan lebih menekankan character building.

Acara selanjutnya adalah pencanangan Gerakan Revolusi Mental dan Pembentukan Laboratorium Inovasi Daerah dengan pemukulan gong oleh Bupati Berau dan penandatanganan MoU antara Berau dan LAN RI d lanjutkan dengan penandatanganan komitmen inovasi OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Berau.

Diwaktu yang sama, Kepala LAN men-Drum Up agar semua yang hadir terus komitmen dan semangat dalam melakukan inovasi. Inovasi kunci utama dalam percepatan pelayanan publik.

Share this post