PKP2A III LAN Samarinda Raih Juara I Kompetisi Inovasi 2017

PKP2A III LAN Samarinda Raih Juara I Kompetisi Inovasi 2017

PKP2A III LAN Samarinda kembali meraih Juara I di ajang kompetisi inovasi antar unit kerja di Lembaga Administrasi Negara tahun 2017.

Ajang yang baru pertama kali digelar ini diikuti oleh 22 unit kerja dan rencananya akan diadakan setiap akhir tahun pada saat Rakor nasional LAN ini, diadakan di PKP2A I Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat tanggal 12-15 Desember 2017.

“Saya berharap lomba inovasi ini dilakukan setiap tahun. Ini menjadi ajang kompetisi yang akan mendorong kreatifitas dan inovasi di masing-masing unit kerja”, tegas kepala LAN RI, DR. Adi Suryanto saat memberikan sambutan dalam pemberian penghargaan.

Setiap Unit Kerja wajib menyampaikan paparannya tentang progress inovasinya yang telah ditargetkan diawal tahun.

“Di lingkungan LAN setiap JPT Pratama dan JPT madya wajib menandatangani kpntrak kerja inovasi selama setahun. Dan diakhir tahun akan dievaluasi sekaligus ditetapkan inovasi terbaiknya”, ujar Dr. Mariman Darto setelah menerima penghargaan.

Beberapa inovasi yang telah dilakukan ada 12 inovasi terbaik antara lain Go Spirit (membangun budaya semangat kerja, Osoji (budaya bersih-bersih lingkungan), ODOA (mendorong budaya religius dalam lingkungan kantor), OJS untuk JBA (transformasi jurnal JBA ke jurnal bereputasi Internasional, Simbagmin (Inovasi kesekretariatan terintegrasi), SINOPADIK (sistem inovasi pasca Diklat), TSO (tracer Study online), MANAJEMEN DIKLAT ONLINE (mengelola pelayanan diklat secara online), BERKIBAR (Bersama kita belajar untuk mendorong budaya literasi), PRO-KON (membangun budaya debat atas pegawai sekaligus mengelola budaya kritis) dan KAYUH BAIMBAI (program gotong royong untuk Sungai Karang Mumus Bersih).

Salah satu rahasia kenapa PKP2A III LAN Samarinda menjuarai kompetisi ini adalah komitmen pimpinan yang secara konsisten mendorong kreatifitas dan inovasi di unit kerjanya.

“Saya ingin setiap pegawai semangat dan tergerak untuk melahirkan ide-ide kreatif dan melakukannya menjadi sebuah inovasi yang bermanfaat untuk unit kerja, untuk LAN dan untu bangsa”, tegas Mariman.

Yang terpenting selain kreatifitas dan inovasi juga kemampuan pemimpinnya membangun karakter pegawai yang kuat.

“Kekuatan PKP2A III LAN Samarinda adalah kemampuannya dalam mengelola spiritual capital pegawai dan para pejabatnya. Karakter ini penting karena akan mampu membangun dan mengembangkan semangat yang menggerakkan setiap pegawai untuk berprestasi”, Mariman menambahkan.

Namun yang utama adalah kekompakan tim PKP2A III LAN yang luar biasa. “Saya mengucapkan terimakasih kepada tim inovator PKP2A III LAN Samarinda dan seluruh pegawai yang telah berprestasi membangun organisasi ini dengan inovasi”, demikian tegas Mariman Darto disela-sela kegiatan pemberian penghargaan. (Windra Mariani)

Share this post