Selamat Memasuki Masa Purna Tugas, Pak Husain

Selamat Memasuki Masa Purna Tugas, Pak Husain

Di awal tahun 2018 ini satu pegawai PKP2A III LAN Samarinda purna tugas. Husain namanya. Lebih dari 31 tahun lebih beliau mengukir kariernya, mengemban tugas dan amanah sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lembaga Administrasi Negara (LAN). Tepat tanggal 29 Desember 2017, menjadi hari terakhir ia mengabdi pada negara karena sudah memasuki masa purna tugas. Dalam rangka memasuki masa purna tugas tersebut, PKP2A III LAN mengadakan perpisahan dengan Pak Husain di Ruang Cafetaria PKP2A III LAN, pada Selasa (2/1).

Memulai karir di STIA LAN Makasar lalu di PKP2A II LAN Makassar pada 29 Mei 2013 dilantik sebagai Kepala Bagian Administrasi PKP2A III LAN. Tepat pada 2 Juni 2013 pak Husain memulai aktifitas pengabdiannya di Samarinda.

Ada hal menarik dari Pak Husain. Selama bekerja di LAN tercatat hanya 2 kali mengajukan cuti tahunan. Pertama saat menikahi Hana Husain, istri setianya. Kedua pada saat menikahkan putri tercintanya pada akhir November 2017 lalu. Itupun hanya beberapa hari. Kecintaan terhadap institusi yang membesarkannya patut dicontoh. “Pengabdian pada LAN adalah segalanya dan yang paling utama” tegas Husain saat menyampaikan sambutan diacara pelepasan purna tugas.

Tidak mudah bagi siapapun untuk mengabdi di Kalimantan. Selain karena harus siap mental menghadapi kondisi daerah yang sulit ditempuh karena luasnya wilayah, juga setiap pegawai harus siap menanggung beban kontrak rumah karena PKP2AIII LAN tidak memiliki rumah dinas. Ini semua berlaku untuk seluruh pegawai. Justru karena inilah setiap pimpinan benar-benar diuji dan dinilai ketetiaan dan loyalitas serta komitmennya. Hasilnya seperti Pak Husain yang senantiasa bersahaja dan tetap semangat.

Peran dan kiprah Pak Husain tidak sependek namanya. Sekalipun hanya 4,5 tahun di PKP2A III LAN Samarinda, Pak Husain ikut serta dalam pencapaian performance terbaik organisasi.
Dan puncak performansi PKP2A III LAN Samarinda itu terjadi di penghujung masa tugasnya tahun 2017. Penghargaan di skala nasional dan regional berhasil ditorehkan, antara lain Satker Terbaik dalam Kinerja Keuangan 2017 dari Dr. Adi Suryanto, Kepala LAN RI; Penetapan PKP2A III LAN sebagai Wilayah Bebas Korupsi 2017 oleh Dr. Asman Abnur, Menteri PAN dan RB; Juara III BMN Award 2017 oleh Kanwil DJKN Kementerian Keuangan RI dan Satker dengan Substansi Inovasi Terbaik 2017 oleh Kepala LAN RI.

Pak Husain selain sebagai orang tua kami juga sebagai sahabat, temat bahkan guru yang baik. Banyak pengalaman yang kami peroleh selama lebih dari empat tahun bersamanya. Ia tipologi pimpinan yang keras dalam prinsip, namun hatinya lembut. Banyak kenangan indah yang telah diukir dalam tinta emas sejarah selama menjadi kolega di kantor. Tetapi kita harus bisa ikhlas melepaskannya. Disetiap awal selalu ada akhir. Diawal yang baik selalu ada hasil yang baik.

Terimakasih Pak Husain.

Share this post