Selamat datang di website Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara    Ā 

Faisal Basri Narasumber Diklat Pim III Angkatan V

Dibuat : 19 May 2017

Pertumbuhan perekonomian di Kalimantan Timur menurun hingga di bawah rata-rata pertumbuhan perekonomian Indonesia pada Tahun 2015. Kemerosotan tersebut seiring dengan dua provinsi lainnya, yaitu Riau dan Aceh. Rendahnya pertumbuhan perekonomian Kalimantan Timur lantaran mengandalkan kekayaan sumber daya alam yang terus menurun. Hal tersebut disampaikan oleh Pakar Ekonom, Faisal Basri, saat menjadi narasumber mata Diklat Isu-Isu Strategis Bidang Perekonomian di hadapan Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan V yang dilaksanakan di Ruang Kelas B PKP2A III LAN, pada Rabu (3/5).

“Sumber daya alam itu kutukan, tidak bisa diandalkan terus menerus karena ada jangka waktunya”, ujar Faisal. Menurunnya ekonomi Kalimantan Timur pun telah dirasakan sendiri oleh masyarakat. Terutama saat perusahaan batu bara dan hasil minyak bumi yang terus berkurang.

Pertumbuhan ekonomi juga ditopang dari ekonomi masyarakat, apakah masyarakat membelanjakan pendapatannya atau tidak. Uang yang keluar dari Kalimantan Timur lebih banyak daripada yang masuk ke Kalimantan Timur. Ketimpangan ekonomi juga terjadi karena Indonesia cenderung menjadi negara jasa, dimana perekonomian ditopang dari penjualan jasa kepada masyarakat daripada industri.

“Indonesia defisit industri. Kita lebih banyak mengimport barang daripada mengeksport. Kita belum mampu memenuhi kebutuhan sendiri”, lanjut Faisal.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala PKP2A III LAN, Mariman Darto, yang menjadi moderator dalam kegiatan tersebut. Ia pun menambahkan Kalimantan Timur bisa meningkatkan petumbuhan ekonomi Kalimantan Timur dengan menghidupkan ekonomi kreatif.




Opini

Pembukaan Diklat Pim IV Angkatan XIV di Kota Palangka Raya

Diklat Kepemimpinan merupakan salah satu kesempatan Aparatur Sipil Negara untuk melakukan inovasi yang menjadi jalan perubahan kinerja instansi ke arah yang lebih baik. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala PKP2A III LAN, Mariman Darto, saat memberikan sam ...Selanjutnya

Perbaikan Sungai Karang Mumus Bukan Sekedar Wacana

Setelah melakukan sejumlah koordinasi dengan instansi terkait serta menguatkan komitmen Pemimpin Daerah dalam perbaikan Sungai Karang Mumus, Tim Olah Bebaya PKP2A III LAN menggelar kegiatan 'ngobrol bareng' antara pemerintah, masyarakat serta perw ...Selanjutnya


Jurnal

Aplikasi Publik