Selamat datang di website Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara    Ā 

Pemberitahuan: Kewaspadaan Terhadap Surat Palsu

Dibuat : 16 Dec 2014

Pengkajian dan Diklat Aparatur merupakan amanah dari UU ASN kepada Lembaga Administrasi Negara. Besarnya tanggung jawab tersebut, membuat Lembaga Administrasi Negara banyak melaksanakan berbagai kegiatan kajian dan diklat. Padatnya pelaksanaan berbagai kegiatan tersebut, ternyata dimanfaatkan oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab dengan menyebarkan berbagai surat dan/atau undangan tentang pelaksanaan suatu kegiatan yang mengatasnamakan LAN yang berujung pada permintaan kompensasi sejumlah rupiah kepada instansi pemerintah daerah atau  BUMN.

Menyikapi kondisi tersebut, sekaligus sebagai upaya untuk menjaga nama baik dan kualitas kinerja Lembaga Administrasi Negara, maka PKP2A III LAN  sebagai bagian dari Lembaga Administrasi Negara sekaligus sebagai pihak yang sering menjadi rujukan konfirmasi atas beredarnya surat-surat palsu tersebut, menghimbau kepada seluruh pemangku kepentingan (instansi pemerintah daerah/BUMN) di seluruh  wilayah Kalimantan, khususnya di Provinsi Kalimantan Timur, agar lebih berhati-hati terhadap beredarnya berbagai surat palsu tersebut. Mohon agar mewaspadai terhadap surat undangan suatu kegiatan yang mengatasnamakan LAN RI dan/atau PKP2A III LAN.

Sebagai bahan panduan terhadap sah atau tidaknya suatu undangan, dapat dilakukan dengan beberapa pola deteksi, diantaranya:
 

  1. Surat resmi dari LAN dilengkapi dengan logo, cap, dan tandatangan pejabat LAN.
  2. Kontak email yang dipergunakan memakai domain: ...@lan.go.id
  3. Semua bentuk kompensasi yang diminta kepada peserta, mengikuti prosedur dalam PNBP dengan rekening atas nama Bendahara Penerimaan pada Satker Penyelenggara.

Jika masih terdapat keraguan dengan keaslian surat dan/atau undangan kegiatan yang mengatasnamakan LAN dan/atau PKP2A III LAN tersebut, maka dapat dilakukan verifikasi langsung kepada LAN RI dengan menghubungi Bagian Humas dan Informasi  LAN RI pada pesawat telepon 021-3868201-5 ext. 186, 187, 189 atau email: humas@lan.go.id. Selain itu, bisa juga menghubungi Subbag Umum dan SDM (Humas) di PKP2A III LAN pada pesawat telepon 0541-7040851-3, fax 0541-4106511, serta email: info@samarinda.lan.go.id.

Surat Himbauan resmi Kewaspadaan Terhadap Surat Palsu telah dikeluarkan secara resmi dan ditandatangani oleh Kepala LAN RI, Agus Dwiyanto, dengan nomor surat 2640/K.1/KTU.01.1, tertanggal 30 September 2014. Seiring dengan surat himbauan tersebut, Kepala Biro Hukum LAN RI pun telah mengupayakan jalur hukum terhadap pelaku tindakan penipuan surat dan/atau undangan palsu yang mengatasnamakan LAN RI tersebut.

Dengan himbauan dan surat pemberitahuan kewaspadaan terhadap surat palsu tersebut, diharapkan mitra LAN RI dan PKP2A III LAN bisa menyikapi maraknya peredaran surat dan/atau undangan palsu tersebut. Sehingga tidak ada lagi yang menjadi korban penipuan para oknum yang tidak bertanggungjawab. (uly)

Surat Edaran Kepala LAN terkait kewaspadaan terhadap surat palsu dapat diunduh disini.
Beberapa contoh surat palsu yang telah beredar dapat diunduh disini.


Opini

Inovasi Naik Kelas di Samarinda

Usai sudah gelaran laboratorium inovasi di kota samarinda, dengan capaian 341 inovasi yang dihasilkan seluruh SKPD dari level Kelurahan, Kecamatan, Dinas, Badan, UPTD, UPTB, serta RSUD, dan juga PDAM. ...Selanjutnya

Semangat Membangun Perbatasan

“Hanya tinggal Malaikat saja yang belum pernah datang ke perbatasan ini,” ujar beberapa masyarakat di wilayah perbatasan Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan, yang seyogyanya mencerminkan bagaimana seringnya para pejabat negara secara bergantian be ...Selanjutnya


Jurnal

Aplikasi Publik