PERSYARATAN

SINOPADIK terbuka untuk seluruh alumni Diklat Kepemimpinan Tingkat III, dan IV. Namun, untuk dapat mengikutinya, para alumni harus sudah menjadi alumni lebih dari 6 (enam) bulan sejak lulus Diklat Kepemimpinan. Syarat lainnya adalah para alumni tetap konsisten menjalankan dan menerapkan inovasi / proyek perubahan yang telah digagas di organisasinya. Persyaratan administratif lainya adalah mendapat rekomendasi pengusulan dari Badan / Lembaga Diklat yang meluluskan peserta yang bersangkutan. Rekomendasi ini diperlukan untuk pendataan dan pembinaan alumni di lembaga diklat yang bersangkutan.

MEKANISME

SINOPADIK akan dilaksanakan setiap tahun. Pemberitahuan akan diberikan melalui surat resmi atau pengumumnan di website ini, serta media yang lainya. Untuk mengikuti SINOPADIK, para alumni Diklat Kepemimpinan dapat mengikuti prosedur sebagai berikut:
- Membuat Akun pribadi di Website SINOPADIK.
- Menyiapkan surat rekomendasi dari lembaga diklat asal peserta.
- Mengisi formulir pendaftaran SINOPADIK.
- Menyiapkan dokumen-dokumen yang merupakan bukti-bukti pelaksanaan inovasi / proyek perubahan yang tetap dilaksanakan setelah berakhirnya Diklat Kepemimpinan.
- Meng-upload dokumen-dokumen tersebut ke dalam website SINOPADIK.
- Setelah melakukan meng-upload, anda akan menunggu selama kurang lebih satu bulan untuk mendapatkan hasil dari proses seleksi administrasi. Apabila anda mendapat pemberitahuan bahwa inovasi anda lolos ke tahap selanjutnya, maka anda akan diminta untuk menyiapkan proses visitasi oleh evaluator SINOPADIK.
- Anda akan dikunjungi oleh tim evaluator yang akan memverifikasi dan mengevaluasi seluruh bukti-bukti dokumen inovasi kepada para stakeholders yang terlibat dan mendapat manfaat dari inovasi anda.
- Satu bulan setelah proses visitasi, anda akan mendapat pemberitahuan apakah anda lolos ke tahap selanjutnya atau tidak. Apabila anda lolos, maka anda akan diminta untuk menyiapkan bahan-bahan untuk melakukan promosi inovasi (innovation expo) yang akan dilaksanakan bersamaan dengan acara penganugrahan Borneo Innovator Award dari PKP2A III LAN.

Februari - April
Mei - Juni
Juli - September
Oktober
November
Pendaftaran dan Upload Dokumen
Seleksi Administratif dan Dokumen
Verifikasi dan Visitasi
Penilaian Akhir
Innovation Expo dan Pengumuman Pemenang
Penilaian terhadap Kelengkapan Dokumen, dilakukan Bulan Juni 2017
# Nama Instansi Judul Inovasi
1. HERIYANTO, SKM DINAS KESEHATAN KABUPATEN MURUNG RAYA “ EFEKTIFITAS LAPAK INOVASI SIMPUSNUT “
2. SARUN,S.STP,M.AP KANTOR CAMAT MALINAU KOTA (INSTANSI LAMA) CERDAS BERSAMA KECAMATAN MALINAU KOTA
3. ARY WIBAWA, S.AP.,M.AP SEKRETARIAT DAERAH KAB. HULU SUNGAI SELATAN PENYAJIAN INFORMASI CAPAIAN KINERJA INSTANSI PEMERINTAH MELALUI E-LAKIP
4. ARYO WIJANARTO, ST Sekretariat Daerah Kab. Hulu Sungai Selatan PENGUMPULAN DATA DAN INFORMASI KINERJA DARI BIDANG MELALUI LOCAL AREA NETWORK (LAN) DAN PENYIMPANAN ONLINE PADA SUB BAGIAN PERENCANAAN DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI DAN UKM KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
5. Ary Wibawa, S.AP, M.AP Sekretariat Daerah Kab. Hulu Sungai Selatan Penyajian Informasi Capaian Kinerja Instansi Pemerintah Melalui e-LAKIP Pada Sub Bagian Tatalaksana Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan
6. Dian Dwi Wijayanto, SE Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Nunukan MY TRIP MY DOCUMENT
7. Reni Mayasari,ST Bappeda & Litbang Kab. Bulungan SIMISTER KABUL (Sistem Informasi Kemiskinan Terpadu Kabupaten Bulungan)
8. Tri Hastuti, ST Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Lamandau Peningkatan Pelayanan Perizinan Melalui Database Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Lamandau
9. widoyoko,st Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil PELAYANAN “ONE STOP SERVICE” INTEGRASI DATA PERKAWINAN DALAM PENERBITAN DOKUMEN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA BALIKPAPAN
10. Suranto, ST BPBD kota Balikpapan Pusat Informasi Kebakaran Dan Bencana (PURI KENCANA) UPT. PBD Barat BPBD Kota Balikpapan
11. Saptuyanto, SE Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kab. Tana Tidung e-APLIKASI DALAM PENGELOLAAN ASET DESA
12. Riza Akhyari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Bumbu - Kalimantan Selatan APPLICATION MONITORING CENTER (AMC) DALAM RANGKA PROGRAM PENGENDALIAN DAN MONITORING APLIKASI PADA BIDANG KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN TANAH BUMBU
13. PTTER BONIS, SE., MM BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PENDAPATAN DAERAH PROV. KALBAR OPTIMALISASI PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR MELALUI SAMSAT DRIVE THRU DI KOTA PONTIANAK
14. Emelia, ST. Bag. Ekobang Setda Kab. Tana Tidung ELEKTRONIK MONITORING PENGENDALIAN PEMBANGUNAN (e – MODALBANG)
15. Glutha Indra Pabean Diskominfo Kab. Seruyan PENINGKATAN PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN MELALUI APLIKASI SMS CENTER DI KABUPATEN SERUYAN
16. alifa hasngga wuri hansi disnaker kota balikpapan Optimalisasi Supervisi Monitoring Evaluasi Kegiatan Disnakersos Kota Balikpapan Dengan Sarana Pengendalian Anggaran Mandiri
17. Nurmaya Savitri, ST., MS Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kab. Tanah Laut Pengelolaan Data Industri Berbasis Aplikasi Pada Seksi Industri Logam dan Aneka pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Tanah Laut
18. Iwan Zulianto, ST Sekretariat Daerah Kabupaten Seruyan PENINGKATAN PELAYANAN BAGIAN PENGADAAN BARANG/JASA MELALUI PEMBUATAN WEBSITE (www.blp.seruyankab.go.id)
19. Rinny Faulina, SKM., M.Kes Dinas Kesehatan Kota Tarakan Konseling NAPZA Si JempOL
20. Faridah DPU Kota Balikpapan Optimalisasi Penataan Dokumen Perencanaan dengan ORASI (Organisasi, Rapi, Sistematis dan Integrasi)
21. Aef Sutardi, ST., MT Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sintang Kalimanatan Barat PERCEPATAN PEMBANGUNAN DAN OPERASIONAL RUMAH SAKIT RUJUKAN KABUPATEN SINTANG MELALUI OPTIMALISASI KOORDINASI
22. jane grace a.s disperindagkop kota balikpapan Optimalisasi Produk Unggulan Kota Balikpapan
23. Muhammad Subki, AMK UPT Puskesmas Panaan Kabupaten Tabalong POS SEHAT BERSAMA MASYARAKAT (POS SEHAT BARAKAT)
24. Abussamah Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pontianak ChiPS (Cegah kumuh melalui Penertiban Subuh)
Penilaian Melalui Visitasi Lapangan, dilakukan Bulan Juli 2017
# Nama Instansi Judul Inovasi
1. Muhammad Ali Ichwani Bappeda Litbang Kota Balikpapan Integration with Basemap For Slum Improvement (IBM SUPLEMENT)
2. AGUS SATRIO LEKSONO BPSDM Provinsi Kalimantan Barat Peningkatan Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Teknis dan Fungsional melalui PESAN-TREND
3. Neny Dwi Winahyu, S.STP, M.Si Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang Kota Balikpapan SIMANTAP (Sistem Informasi Manajemen Aset Tetap) Dalam Rangka Mewujudkan Pengamanan Aset Tetap Milik Pemerintah Kota Balikpapan
4. lisa navtratilova, SE., ME dinas pemberdayaan masyarakat desa kabupaten pulang pisau INOVASI TEPIS GALAU (TIM ENERGI PEMBINA BUMDES PULANG PISAU)
5. USMANADI bagian layanan pengadaan barang/jasa sekretariat daerah kabupaten landak SISTEM PENYAMPAIAN DATA LELANG YANG TERINTEGRASI KESELURUH SKPD DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI PENYAMPAIAN DATA LELANG (SI-PEDAL) PADA KANTOR LAYANAN PENGADAAN BARANG DAN JASA PEMERINTAH KABUPATEN LANDAK
6. A. IKHTAFUL MASKUR M. DINAS PERTANIAN, PANGAN DAN PERIKANAN KAB. TANA TIDUNG PENERAPAN STARTER BERBAHAN DASAR LOKAL SEBAGAI PROBIOTIK DALAM PEMBUATAN KOMPOS (Star Lo Si Pro)
7. MASLIYANA, SP. MP DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN UPAYA MEMBERIKAN PEMAHAMAN KEPADA PETANI MENGENAI POLA KERJASAMA USAHA TANI PADI PADA SEKSI BINA USAHA DINAS PERTANIAN TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
8. Hamseng Bagian Hukum Setda Kabupaten Nunukan Optimalisasi Pembentukan Keputusan Bupati Melalui Kebijakan Non Retro Aktif
9. Haryani, ST, M.Eng Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Tanah Bumbu Pelayanan Informasi Kapabilitas Penyedia Konstruksi melalui SISTEM INFORMASI RATING PENYEDIA KONSTRUKSI (SIRATU) pada Sub Bagian Pengadaan Barang/Jasa Bagian Layanan Pengadaan Setda Tanah Bumbu
10. KEMILAU MUTIK, S.H.,M.H.,CLA. SEKRETARIAT DAERAH KOTA PALANGKA RAYA “TEMAN HUKUM CANTIK” - Pelayanan Bantuan Hukum Terpadu di Kota Cantik Palangka Raya
Pemenang Mendapatkan Borneo Innovation Awards, dilakukan Bulan Agustus 2017
# Nama Instansi Judul Inovasi
1. Muhammad Alfath, ST., MT Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Palangka Raya SI DETEKTIP SAMPAH (SISTEM DETEKSI & EDUKASI TENTANG INFORMASI PENGELOLAAN SAMPAH) DI KOTA PALANGKA RAYA
2. Dr.Ir.ARIADI NOOR,M.Si BAPPEDA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN Program Penyusunan Perencanaan Makro dan Pembiayaan melalui sistem aplikasi ”One Touch Planning” Integrasi Perencanaan dan pembiayaan (Integrated Planning dan Budgeting) berbasis komponen pembiayaan Provinsi Kalimantan Selatan.
3. Endy Kurniawan Kelurahan Lingkas Ujung Kecamatan Tarakan Timur Gerai Pa Pagun (Gerai Pelayanan Administrasi umum, Pendaftaran penguasaan fisik tAnah dan pembayaran pajak bumi banGUNan)
4. Triyuni Astuti, S.Pd, M.Pd. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Balikpapan SIMPEL CERDAS (SISTEM MONITORING PEMBELAJARAN CIPTAKAN GENERASI INDONESIA EMAS) JENJANG SMA DAN SMK NEGERI PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA BALIKPAPAN
5. Yopie Indra Pribadi, S. Kom, M. Eng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak MITRA BANG DATA (Program Kemitraan Dalam Membangun Data Kependudukan Yang Akurat)